Korea Selatan,Dulu Melarat Sekarang Sejahtera

Salah satu negara terkaya di dunia ini dulunya adalah salah satu yang termiskin :
  • Negara ini ditindas oleh penguasa kolonial asing.
  • Negara ini hancur oleh perang, perang hampir menghancurkan negara itu.
  • Negara ini telah memiliki dua kudeta militer yang berbeda dalam 60 tahun terakhir, dan baru menjadi negara demokrasi selama 30 tahunan.
Negara mana yang saya bicarakan?

Itulah potret Korea Selatan tahun 60-an.Itu penampakan negaranya setelah perang Korea. Usia harapan hidup baru sekitar 50 tahun. Kota-kota besar hancur total, dan orang-orang berjuang untuk memberi makan keluarga mereka.
Dalam beberapa dekade setelah perang, ekonomi Korea Selatan meroket, selama periode yang sering disebut sebagai "Miracle on the Han".
Sekarang Korea Selatan adalah salah satu negara terkaya di dunia, dengan ekonomi terbesar ke 11 dari nominal PDB. Seoul adalah salah satu kota terbesar dan makmur di dunia.
Seoul merupakan kota ekonomi metropolitan ke-4 setelah Tokyo, New York, LA. Sekarang, Korea Selatan merupakan salah satu negara dengan teknologi paling maju di dunia. Samsung, LG, Hyundai, dan Kia adalah perusahaan Korea yang sangat sukses. Korea memiliki beberapa sistem kereta dan metro tercepat dan paling efisien di dunia.
KTX, sistem kereta modern korea, melaju dengan kecepatan 305 km/jam atau 190 mil/jam.
Dalam banyak hal, saya merasa Korea lebih maju daripada negara terkaya di dunia.Angka harapan hidupnya diatas Amerika Serikat, dan juga pendidikannya, dan memiliki perawatan kesehatan yang jauh lebih murah. Korea Selatan memiliki kecepatan internet tercepat di dunia, dan sistem kereta bawah tanah Seoul adalah salah satu yang paling efisien di dunia. Itu membuat sistem kereta bawah tanah Washington DC terlihat seperti lelucon buruk.
Belum lagi faktor industri kreatif mereka yang begitu digemari hampir di seluruh dunia.K-Pop salah satunya telah membuat perekonomian Korea Selatan tidak lagi dipandang negara berkembang (negara dunia ketiga).
Pertumbuhan ekonomi yang cepat membantu mengubah Korea Selatan dari salah satu negara termiskin di dunia menjadi kekuatan ekonomi seperti sekarang ini.

Jangan lupa share artikel ini agar bisa bermanfaat untuk orang lain. Berbagilah sesuatu yang bermanfaat :)











Komentar