Pemahaman Saya Mengenai Yahudi dan Zionisme



Saya gak bisa memastikan apakah pendapat saya di blog ini dapat dibenarkan atau tidak.Tapi saya menulis ini sesuai apa yang saya pahami dari berbagai sumber. Berawal dari kesalahpahaman yang disebabkan entah karena kurang baca,pemahaman kurang atau penafsiran seadanya yang akibatnya salah paham mengenai Zionisme dan Yahudi.Lucunya banyak pihak yang belum bisa membedakan dan memahaminya.Terutama saat membahas konflik antara Israel-Palestina.Seringkali melihatnya dalam satu paket ,intinya Yahudi itu Zionis !!! pro Israel !!! anti Islam !!!.

Kesalahpahaman ini akhirnya menimbulkan sejumlah stigma negatif,persepsi buruk dan penilaian yang tidak akurat atas bangsa Yahudi.Yaps,ini umum terjadi di negara kita.

Padahal dua entitas ini sangatlah berbeda.Bagi yang sering koar-koar kalau ada pemberitaan mengenai Israel & Palestina di medsos atau semacamnya,lebih baik pahami dulu deh apa itu Zionisme dan Yahudi.Inilah yang sebenarnya menjadi akar dari segala masalah dalam konflik yang entah kapan  berakhirnya.

Jadi,apa itu Zionisme ? dan juga, apa itu Yahudi ? dilansir Wikipedia,Zionisme itu adalah sebuah gerakan nasional orang Yahudi dan budaya Yahudi atas terciptanya sebuah tanah air Yahudi di wilayah yang didefinisikan sebagai Tanah Israel.Sedangkan Yahudi adalah istilah yang merujuk kepada sebuah agama,etnisitas,atau suku bangsa. Dapat dikatakan bahwa zionisme itu bentuk nasionalisme terhadap negara Israel,sementara tidak semua orang Yahudi punya nasionalisme terhadap negara Israel.Dan tidak semua Zionis itu beragama Yahudi,orang-orang beragama Kristen pun ada pula yang menganut Zionisme.


Dari pengertian dan tujuannya saja sudah beda bukan ?

Meski Israel mendeklarasikan sebagai negara Yahudi,ternyata tidak semua sekte Yahudi mendukung keberadaan negara ini dan Zionisme bahkan ada yang ingin membubarkan negara Israel.Sekte Yahudi tersebut adalah Neturei Karta yang dalam bahasa Aramaik berarti “Para Penjaga Kota”.Organisasi ini adalah bagian dari kelompok religius Yahudi Haredi yang dicirikan menolak segala jenis budaya sekular dan modern.Dengan karakteristik ini maka wajar mereka menentang Zionisme dan menyerukan pembubaran Israel.Sebab,para anggota Neturei Karta percaya umat Yahudi tak diizinkan memiliki sebuah negara hingga datangnya Sang Juru Selamat alias Mesias.Uniknya,mereka justru sangat mendukung terbentuknya negara Palestina.

Perlu diketahui bahwa Palestina bukan hanya rumah bagi mereka yang berafiliasi dengan agama Islam.Kelompok komunis juga salah satu yang aktif bergerak membela dan melakukan advokasi kemerdekaan Palestina.Setidaknya ada beberapa partai dengan haluan sosialisme di Palestina dan komunis di Israel menolak keberadaan Zionisme dan penjajahan atas Palestina. Mereka mendukung kedaulatan Palestina sebagai negara dan mendesak pemerintahnya menghentikan kekerasan terhadap orang-orang Arab.

Meskipun begitu,bagi sebagian besar umat muslim terutama di Indonesia yang awam dengan sejarah,identitas Yahudi akan selalu distigmakan sebagai sebuah bangsa yang rakus,penuh konspirasi dan bahkan terkutuk.

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa Yahudi itu belum tentu Zionis,belum tentu anti Palestina,dan juga belum tentu pro Israel.Ayolah,Tuhan menciptakan perbedaan bukan agar saling bermusuhan,tapi agar kita bisa memahami satu sama lain.Benci terhadap Israel bukan berarti benci terhadap Yahudi.Tidak semua orang Yahudi setuju akan adanya Israel.Dan Lucunya banyak orang yang pro Israel tapi tak paham apa itu Zionisme.

Ini semua murni pendapat saya pribadi yang didapat dari berbagai sumber dan bacaan.Jika terdapat ketidaksesuaian dengan fakta yang ada mohon koreksinya.Saya hanya ingin membagi untuk menambah pengetahuan kita masing-masing.

Jangan lupa share artikel ini agar bisa bermanfaat untuk orang lain. Berbagilah sesuatu yang bermanfaat :)


Komentar